Jumat, 05 November 2010

Mengenal Patung Buddha di Dunia

Buddha Bamiyam,Afghanistan




Patung Budha ini adalah bangunan peninggalan umat Budha di Lembah Bamiyan, Afghanistan yang terdiri dari dua patung besar Budha. Diperkirakan patung-patung itu merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.


Dahulu patung Budha Bamiyan dijadikan sebagai salah satu museum di sana dan didesain dengan perpaduan gaya antara seni Yunani ditambah Budha sendiri. Namun akibat rezim pemerintahan keras Taliban, patung-patung itu dirusak dan saat ini yang tersisa hanyalah gua-gua untuk para biksu dan beberapa sketsa lainnya.



Buddha Giant Leshan, China


Sebelum patung Buddha Bamiyan ditemukan, patung Buddha Giant di Kota Leshan, Sichuan, China merupakan patung terbesar dan tertinggi di dunia. Bahkan dijadikan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh lembaga dunia UNESCO pada tahun 1996.

Patung Giant Buddha dibuat di area Gunung Emei yang telah diukir menyerupai sebuah patung Budha pada masa Dinasti Tang (618-907). Di bagian kaki gunung itu terdapat Sungai Qingyi yang mengalir cukup pelan.



Buddha Maitreya, China




Bangunan Patung Budha Maitreya dibuat di banyak negara. Mulai dari Korea, India, Jepang, Taiwan dan juga China. Bagi setiap pengunjung yang memilih datang ke China, maka ukiran patung Budha Maitreya bisa ditemukan di pegunungan batu Hangzhou China.



Menurut ajaran kitab suci Budha, Maitreya adalah penerus sejarah pendiri agama Budha Buddha Sakyamuni. Sedangkan berdasarkan dari literatur kanonik yang ditemukan dari semua ajaran sekte Budha, seperti Theravada, Mahayana dan Vajrayana, arti Maitreya adalah pernyataan tentang suatu peristiwa yang akan terjadi ketika Dharma akan dilupakan ke dalam Bumi.



Chalong Big Budha, Thailand




Bagi pengunjung yang datang ke wilayah selatan Phuket, Thailand, maka akan menemukan patung Budha besar yang bernama Chalong Big Budha. Di samping patung setinggi 45 meter ini terdapat simbol gambar yang terbuat dari bahan kuningan. Biaya untuk membuat patung Budha Chalong memakan biaya sekitar 30 juta baht atau setara dengan Rp8,4 miliar.




Selama di area ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Kota Phuket dari ketinggian bukit Chalong.




Daibutsu Todai-ji, Jepang




Di negari yang sebagian besar warganya beragama Shinto ini, ternyata juga ada patung besar Budha yang bernama Daibutsu Todai-ji. Patung ini dibuat di kuil Budha di Kota Nara, Jepang.




Kuil utama sekte Kegon ini didirikan pada abad ke-8 oleh Kaisar Shomu dan dibantu oleh seorang biksu yang bernama Roben.



Bangunan ini diperkirakan memiliki tinggi 100 meter dengan kelengkapan 7 tingkat pagoda di sebelah barat dan timur Daibutsu Todai-ji (Konkōmyo shitenno gokuku no tera). Di area ini juga terdapat aula Daibutsu yang bernama Daibutsuden.



Bodhgaya, India





Patung sekarang menjadi simbol tempat suci Bodhgaya, sebelah Mahabohdi Candi yang merupakan situs Warisan Dunia, dan menikmati kunjungan konstan peziarah dari seluruh dunia. Di antara orang lokal, dijuluki "80-kaki (25 meter) Patung Buddha."



Di bawah slogan "Spread sinar Buddha ke Seluruh Dunia," Daijokyo menghabiskan tujuh tahun pada pembangunan Patung Buddha Agung, mobilisasi total 120.000 tukang batu. Daya dorong terbesar untuk proyek raksasa ini adalah murni hati orang, yang ingin untuk perluasan lebih lanjut dari Buddhisme dari tempat kudus Bodhgaya, serta untuk mewujudkan perdamaian dunia.



Ushiku Daibutsu, Japan


Terletak di Ushiku, Jepang ini patung Buddha selesai pada tahun 1995. Ini adalah salah satu patung tertinggi berukuran lebih dari 120 meter. Patung ini dikenal sebagai Ushiku Arcadia yang menggambarkan Buddha Amitabha.




Fo Guang Shan, Taiwan


Fo Guang Shang terletak di pinggiran kota Kaoshiung. Ini adalah tempat Buddha terbesar di Kaoshiung County. Didirikan oleh Yang Mulia Master Hsing Yun pada tahun 1967, Fo Guang Shan adalah biara Budha terbesar di Taiwan. Selain kuil utama di Fo Guang Shan, daya tarik terbesar akan Tanah Agung Buddha, dikelilingi oleh 480 patung Buddha emas, pemandangan dikunjungi. Buddha Budaya Museum memiliki koleksi ribuan karya Buddhis modern dan kuno seni. Karya seni Buddhis yang tak ternilai berarti terampil untuk menarik orang untuk Budha.

Kamakura Great Buddha, Japan


Terletak di kuil Kamakura, Jepang candi ini terkenal dengan patung-patung Buddha (diabustu) dari era 1252.Patung tersebut adalah sekitar 13,35 meter dan berat sekitar 93 ton. Patung itu berongga, dan pengunjung dapat melihat interior.




Reclining Buddha, Bangkok


Ini patung Budha berbaring berlapis emas dan lebih dari 46 meter panjang yang memperingati Buddha melewati ke Nirvana. Mata patung itu dan kaki yang dihiasi dengan ukiran mutiara ibu, telapak kaki menampilkan 108 karakteristik keberuntungan Sang Buddha benar.

Mindroling Monastery Buddha of Dehradun, Uttarakhand state, India



Tian Tan Buddha of Ngong Ping, Lantau Island, Hong Kong



Bhaisajyaguru in Nihon-Ji Temple of Kyonan, Awa District, Chiba, Japan



Golden Maitreya Buddha of Beopjusa, Naesongni-myeon, Chungcheongbuk-do province, South Korea


Ten Directions Pu Xian Buddha of Mount Emei, Sichuan province, China



Standing Buddha in Wat Indrawiharn of Bangkok, Thailand







Candi Borobudur, Indonesia





Nama candi yang satu ini merupakan kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia serta masyarakat Yogyakarta, Magelang dan sekitarnya.

Selain dijadikan sebagai salah satu cagar budaya dunia, konstruksi bangunan Borobudur sendiri mengingatkan kita pada sejarah masa lampau di mana para penganut agama Budha (sekitar 800 Masehi) membangun candi itu saat pemerintahan dinasti Syailendra masih berkuasa.

Bangunan Candi Borobudur terdiri dari 5 tingkat, 504 patung Budha dan 1460 pigura yang sangat menarik. 






SUMBER : INTERNET






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar