Rabu, 17 November 2010

"Only We Can Help Ourselves"



"HANYA KITALAH YANG DAPAT MENOLONG DIRI KITA SENDIRI"
Sabbe satta kammassaka, kammadayada, kammayoni, kammabandhu, kammapatisarana, yam kammam karissanti, kalyanman va papakam va tassa dayada bhavisanti
Semua makhluk adalah pemilik perbuatan mereka sendiri, terwarisi oleh perbuatan mereka sendiri, lahir dari perbuatan mereka sendiri, berhubungan dengan perbuatan mereka sendiri, tergantung pada perbuatan mereka sendiri, perbuatan apapun yang mereka lakukan baik ataupun buruk, itulah yang mereka warisi 
Buddha menasehati kita untuk merenungi lima hal ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Pertama, “Saya akan mengalami usia tua, saya belum terbebas dari usia tua.” Perenungan kedua adalah “Saya akan menderita penyakit, saya belum terbebas dari penyakit.” Ketiga, kita merenungi “Saya akan mengalami kematian, saya belum terbebas dari kematian.” Perenungan keempat adalah “Semua yang menjadi milikku, yang kucintai dan yang menyenangkan hati, akan berubah, terpisah dari diriku.” Terakhir, kita merenungi bahwa “Saya adalah pemilik kamma ku, penanggung kamma ku, lahir dari kamma ku, berhubungan dengan kamma ku, didukung oleh
kamma ku; apapun kamma yang saya lakukan, baik ataupun jahat, itulah yang akan saya warisi.”..........................

(Yang Mulia Dhammavuddho Mahathera, Kepala Vihara Buddha Gotama, Malaysia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar